Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat? – Pesawat merupakan salah satu transportasi udara yang kerap digunakan ketika bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Mungkin kamu sering menggunakan moda transportasi satu ini ketika melakukan perjalanan jauh.

Saat menggunakan pesawat, tentu kamu sering menemukan tukang parkir pesawat yang mengatur lalu lintas pesawat di bandara. Profesi satu ini memiliki nama lain Marshaller, salah satu profesi yang bisa dikatakan tidak sering masuk dalam perhatian publik.

Padahal, pekerjaan satu ini berperan penting dalam dunia penerbangan, layaknya pilot dan pramugari. Fungsi seorang Marshaller sendiri bertugas untuk memandu pilot usai mendarat di bandara. Marshaller ini harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam memberikan arahan. Ini agar operasional bandara bisa berjalan dengan lancar.

Seorang Marshaller identik dengan dua tongkat di tangannya. Tongkat tersebut digunakan untuk memberikan petunjuk kepada pilot untuk mengarahkan pesawat pada tempat yang ditujukan oleh Marshaller.

Pekerjaan satu ini tak lebaps dari upaya keselamatan di dunia penerbangan serta untuk keteraturan di bandara. Namun tentunya menjaga keselamatan penerbangan juga menjadi tanggung jawab semua masyarakat.

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?
Ilustrasi Marshaller | Image Source : istockphoto.com

Jika membahas tentang pekerjaan atau profesi, yang pertama terlintas di benak pastinya penghasilan dari pekerjaan tersebut. Seperti yang kita bahasa sekarang, di sini kita akan membahas tentang besaran gaji dari seorang Marshaller.

Profesi Marshaller atau tukang parkir pesawat ini ternyata memiliki gaji rata-rata 21 USD per jam. Jika di rupiahkan, berarti gaji rata-rata dari profesi satu ini adalah sekitar 302 ribu per jam (dalam kurs  Rp 14.400 per USD). Namun, jumlah tersebut tidak menjadikan sebagai patokan untuk gaji tukang parkir pesawat di berbagai negara.

Gaji tukang parkir pesawat di berbagai negara cenderung berbeda-beda. Bahkan di Amerika Serikat, gaji seorang Marshaller bergantung pada lokasi bandara, perusahaan maskapai, jam kerja dan pengalaman kerja. Sedangkan, di Indonesia sendiri rata-rata gaji seorang Marshaller berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulannya.

Persyaratan Menjadi Marshaller

Kamu berminaf menjadi seorang Marshaller? Jika iya, kamu tentunya harus mengetahui persyaratan umum saat pendaftarannya. Simak beberapa persyaratan menjadi seorang Marshaller di bawah ini :

  1. Umur, 18 – 35 Tahun
  2. Tinggi badan, 165 – 170 cm (Pria) , 158 – 160 cm (Wanita)
  3. Berat badan, calon Marshaller harus memiliki berat badan yang ideal. Memakai metode perbandingan berat dan tinggi badan.
  4. Sehat jasmani dan rohani, untuk memastikan calon Marshaller tidak memiliki riwayat yang bermasalah biasanya akan meminta surat keterangan sehat.
  5. Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik.
  6. Pandai berkomunikasi dengan baik.
  7. Mampu menangani pelanggan, saat di lapangan anda akan bertemu dengan berbagai watak, kepribadian yang berbeda-beda. Maka dari itu, seorang Marshaller dituntut untuk bisa menanganinya saat pesawat delay.
  8. Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

Sekian informasi tentang gaji tukang parkir pesawat, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang berkeinginan menjadi profesi satu ini. Simak juga berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Rajaloker Blog.