Berapa Gaji Pilot dan Pramugari di Indonesia?

Berapa Gaji Pilot dan Pramugari di Indonesia?

Gaji Pilot dan Pramugari di Indonesia – Banyak orang yang bercita-cita menjadi seorang Pilot atau Pramugari. Profesi ini menjadi salah satu profesi yang di idam-idamkan banyak orang. Gaji yang fantastis dan dapat berkeliling dunia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Ingin tahu berapa gaji seorang pilot dan pramugari di Indonesia? Yuk baca artikel ini.

Pilot merupakan seorang yang bertugas untuk menerbangkan pesawat. Seorang pilot bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi selama penerbangan. Maka, seorang pilot harus memiliki pengetahuan tentang dunia penerbangan, termasuk pemahaman tentang pesawat terbang. Jika kamu ingin menjadi seorang pilot, kamu harus menuntaskan pendidikan menjadi seorang pilot untuk mendapatkan lisensi.

Awak pesawat tak hanya pilot, melainkan juga ada pramugari yang juga berperan penting dalam penerbangan. Pramugari adalah seorang yang bertugas untuk melayani penumpang dalam penerbangan untuk memastikan kenyaman penumpang. Sama halnya seperti pilot, seorang pramugari juga harus menempuh pendidikan untuk profesi ini, sebelum akhirnya di rekrut oleh pihak maskapai.

Perlu kamu ketahui, kalau gaji seorang pilot dan pramugari ini berbeda-beda di setiap maskapai, tergantung regulasi maskapai tersebut. Untuk itu, di bawah ini telah kami rangkum besaran gaji seorang pilot dan pramugari di beberapa maskapai yang ada di Indonesia. Maka dari itu, baca artikel ini sampai habis untuk menadapatkan informasi secara lengkap.

Daftar Gaji Pilot Indonesia

Berapa Gaji Pilot dan Pramugari di Indonesia?
Ilustrasi Pilot | Image Source : Pexels.com

Sama seperti pada profesi lainnya, gaji seorang pilot juga disesuaikan dengan tingkatan atau jabatan pada profesi ini. Untuk itu, kami sudah rangkum beberapa tingkatan atau jabatan seorang pilot Indonesia beserta gajinya di bawah ini.

1. First Office (FO)

First Office (FO) merupakan jenjang karir pertama lulusan sekolah pilot. Umumnya, FO ini baru diperbolehkan menerbangkan pesawat dengan ukuran kecil dan masih di dampingi oleh sang Kapten.Kisaran gaji pilot pada posisi ini yaitu 15 sampai 20 juta. Apabila seorang FO memiliki lisensi ATPL & ME serta memenuhi jumlah jam terbang, maka ia bisa naik jabatan menjadi Senior First Officer, Co-pilot¸dan menjadi Captain.

2. Co-Pilot

Tugas dari posisi Co-pilot yaitu mendampingi atau mewakili Captain penerbangan. Dengan ini, maka seorang Co-pilot harus memiliki kemampuan yang sama dengan kapten. Sebab, jika kapten tidak bisa melaksanakan tugasnya, maka Co-pilot bertugas untuk menggantikannya agar pesawat bisa di terbangkan. Seorang Co-pilot akan duduk di sebelah kapten saat di dalam pesawat. Untuk gaji posisi ini, seorang Co-pilot akan mendapatkan gaji sekitar 30 – 40 juta.

3. Captain atau Komandan

Captain merupakan posisi yang bertugas untuk menjalakan mesin dan menerbangkan pesawat. Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi selama penerbangan. Gaji seorang Captain cenderung berbeda-beda tergantung maskapainya. Rata-rata gaji pilot perbula 45 juta ke atas.

4. Gaji Pilot Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan milik negara atau kerap disebut sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagai salah satu maskapai besar, Garuda Indonesia memiliki regulasi tersendiri  terkait gaji seorang pilot. Garuda Indonesia membayar pilot pemula mencapai 60 juta rupiah. Sedangkan untuk pilot senior di maskapai ini berkisar di angka 100 hingga 150 juta.

Daftar Gaji Pramugari di Indonesia

Berapa Gaji Pilot dan Pramugari di Indonesia?
Ilustrasi Pramugari | Image Source : istockphoto.com

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Gaji pada maskapai BUMN ini terbilang cukup besar. Seperti yang kita ketahui bahwa maskapai satu ini merupakan salah satu maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Untuk gaji pramugari yang berstatus junior atau dalam masa training sebesar 15 juta per bulan. Sementara untuk pramugari dengan jam terbang tinggi mendapat gaji sebesar 30 juta per bulan. Total gaji tersebut belum termasuk fasilitas yang didapatkan, seperti jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama perjalanan, dan fasilitas yang lainnya.

2. Gaji Pramugari Batik Air

Pramugari di maskapai Batik Air mendapatkan gaji yang ditentukan berdasarkan jam terbang. Gaji pokok pramugari sebesar 2 – 3 juta per bulan di tambah dengan uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior akan mendapatkan tambahan sebesar 40 ribu per jam. Rata-rata pramugari melakukan penerbangan sekitar 6 jam per harinya. Jika di jumlahkan, maka pramugari mendapatkan uang tambahan sebesar 240 ribu untuk 6 jam.

Umumnya, seroang pramugari di maskapai ini 4 hari terbang dalam seminggu. Selain itu, pramugari juga mendapatkan uang makan sebesar 15 ribu sampai 45 ribu per hari. Jika di jumlahkan dengan gaji pokok, uang terbang dan uang makan, maka seorang pramugari di maskapai Batik Air bisa mendapatkan gaji sekitar 7,5 juta per bulan.

3. Gaji Pramugari Lion Air

Selanjutnya adalah maskapai Lion Air, besaran gaji pramugari pada maskapai satu ini sebesar 15 -20 juta perbulan. Jumlah tersebut telah dijumlahkan dengan uang tambahan selama melakukan penerbangan. Gaji pokok seorang pramugari junior pada maskapai ini adalah 2 -3 juta, sedangkan untuk pramugari senior berada di kisaran 5 – 6 juta. Uang tambahan yang di dapatkan pramugari itu bermacam-macam, mulai dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, serta uang makan.

4. Gaji Pramugari Citilink

Selanjutnya ada maskapai Citilink, gaji pramugari di maskapai satu ini terdiri dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, hingga fasilitas pendukung lainnya. Gaji pokok pramugari junior Citilink sebesar 2-3 juta perbulan, sedangkan untuk senior sebesar 5 juta per bulan.

Diluar gaji pokok, pramugari di maskapai ini juga menerima berbagai tunjangan dan fasilitas pendukung lainnya. Jadi, jika di totalkan secara keseluruhan, gaji pramugari senior bisa menembus angka 20 juta per bulan.

5. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Yang terakhir ada maskapai Sriwijaya Air, gaji pramugari pada maskapai satu ini berkisar 19,5 juta per bulan. Gaji tersebut berdasarkan akumulasi beberapa bonus yang telah di dapat. Besaran gaji pokok pramugari junior di maskapai ini sebesar 6 juta per bulan, sedangkan untuk senior 12 juta per bulan. Pramugari biasanya mendapatkan uang terbang sebesar 500 ribu untuk sekali terbang.

6. Gaji Pramugari AirAsia

Selanjutnya ada maskapai AirAsia, gaji pokok di maskapai ini sebesar 3 juta per bulan. Tak hanya itu, maskapai dari Malaysia ini juga memberikan uang tambahan (uang terbang) sebesar 50 ribu per jam. Jadi, gaji tersebut bisa dijumlahkan secara keseluruhan dengan uang tambahan yang di dapatkan. Untuk besaran gaji keseluruhan, gaji pramugari junior mendapatkan 8 -15 juta perbulan. Dari ini kita bisa berasumsi bahwa gaji pramugari senior di maskapai ini tentu lebih besar lagi.

Sekian Gaji Pilot dan Pramugari di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu mengetahui besaran gaji profesi pilot dan pramugari. Simak berbagai informasi menarik seputar gaji profesi lainnya hanya di Rajaloker Blog.