Contoh CV Menarik

Contoh CV Yang Bikin HRD Tertarik Dengan Kamu

Contoh CV Yang Bikin HRD Tertarik Dengan Kamu – Para pencari pekerjaan akan sangat berusaha untuk membuat CV yang semenarik mungkin agar diterima di tempat bekerja yang diinginkannya. Dengan membuat CV yang menarik, kemungkinan besar akan mengundang perhatian dari HRD sebuah perusahaan. Maka dari itu, kamu harus membuat sebuah CV yang membuat HRD tertarik denganmu. Selain CV, kamu juga harus menyiapkan surat lamaran kerja untuk melamar di sebuah perusahaan.

Tips Dalam Membuat CV 

Membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik akan meningkatkan keberhasilanmu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. CV kamu adalah dokumen yang digunakan oleh HRD untuk menilai dirimu. Berikut ini beberapa tips dalam membuat CV yang menarik

1. Berisi Data Diri Yang Secukupnya

Jika kamu adalah Fresh Graduate yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, isi CV kamu dengan memberikan informasi identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir (usia), jenis kelamin, dan dua latar belakang pendidikan terakhir. Selain itu pada CV yang kamu buat juga harus berisi deskripsi diri yang singkat, padat, dan jelas.

2. Tonjolkan Kemampuan Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Tonjolkan kemampuanmu dalam CV sesuai kebutuhan perusahaan. Hal ini bertujuan agar HRD dapat percaya dengan kompetensimu dalam mengisi kebutuhan suatu perusahaan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat membantu perusahaan agar mencapai tujuan sehingga menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dari suatu perusahaan.

3. Pamerkan Pengalaman Kerja dan Pencapaian Kamu 

Pada CV yang kamu buat patut untuk menampilkan pengalaman kerja dan apa saja pencapaian kamu. Apabila kamu belum pernah bekerja, kamu bisa menampilkan prestasimu atau hal – hal besar yang dapat menarik perhatian HRD misalnya seperti kamu pernah menjadi penyelenggara sebuah Event.

Contoh CV Yang Menarik 

CV Formal  

Contoh CV Formal
Contoh CV Formal | Sumber : Pinterest@gawecv.com

CV yang formal biasanya terlihat simple dan terorganisir serta memiliki sedikit variasi di dalamnya. Hal ini akan menciptakan kesan profesional dan umumnya dipakai ketika kamu ingin melamar pekerjaan di sektor perkantoran, seperti administrasi, keuangan, dan bidang lain yang sejenis.

CV Untuk Fresh Graduate 

Template CV Fresh Graduate
Template CV Fresh Graduate | Sumber : bikincv.com

Bagi kamu yang baru lulus yang belum memiliki pengalaman dalam hal bekerja. Kamu wajib untuk mengisi pengalaman magang, organisasi, membuat proyek besar dan juga prestasi akademik ataupun non akademik. Pengalaman tersebut harus sesuai dengan posisi yang diperlukan oleh sebuah perusahaan tempat kamu melamar.

CV Tulis Tangan 

CV Tulis Tangan
CV Tulis Tangan | Sumber : Pinterest@helpshared.com

Walaupun sudah banyak paltform untuk membuat CV online, terdapat beberapa perusahaan yang meminta kamu untuk membuat CV secara tulis tangan. Alasan dari perusahaan tersebut bermacam – macam namun secara umum untuk Menilai Kemampuan Menulis Pelamar, Menilai Kejujuran dan Keaslian CV, Menunjukkan Ketekunan dan Dedikasi Para Pelamar, Pengujian Kreativitas dan juga Melihat Usaha dari Pelamar.

CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris
Contoh CV dalam Bahasa Inggris | Sumber : Canva

CV dalam bahasa ini biasanya diperlukan untuk kamu yang menginginkan pekerjaan di sebuah perusahaan multinasional atau memang perusahaan itu sendiri memiliki syarat untuk mencamtukan CV yang harus menggunakan bahasa inggris. Tujuan perusahaan membuat persyaratan menggunakan CV dalam bahasa inggris agar para HRD dapat menilai seberapa jauh kompetensimu dalam berbahasa inggris.

CV Untuk Industri Kreatif 

CV Industri Kreatif
CV Industri Kreatif | Sumber : Pinterest@behance.net

Apabila kamu bemrinat untuk bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di sektor industri kreatif, kamu dapat membuat CV yang sesuai dengan kreativitasmu. Para HRD di industri kreatif akan lebih mempertimbangkan calon pekerja yang memiliki jiwa kreativitas yang tinggi.

CV Lulusan SMK

Contoh CV Siswa SMK Jurusan Farmasi
Contoh CV Siswa SMK Jurusan Farmasi | Sumber : bikincv.com

Kebanyakan lulusan SMK akan langsung mencari pekerjaan setelah mereka lulus. Hal tersebut terjadi karena mereka sudah memiliki kemampuan sesuai dengan jurusan yang ditempuh pada saat bersekolah dulu.

Nah, itu dia tips dan beberapa contoh CV sesuai dengan kemampuanmu dan pekerjaan yang kamu inginkan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Semoga Bermanfaat !