CV Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru – Setelah lulus kuliah, kamu banyak memiliki pilihan seperti membuat suatu usaha atau mencari pekerjaan. Tetapi, kebanyakan dari kamu akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan sesuai dengan jurusanmu saat kamu menempuh pendidikan.

Saat mencari pekerjaan, kamu akan diminta berbagai macam dokumen seperti Ijazah, Dokumen Data Diri, SKCK, CV, dan lain – lain. Salah satu dokumen yang menjadi penilaian dari HRD sebuah perusahaan yaitu Surat Lamaran Kerja. Surat Lamaran Kerja atau Application Letter  adalah suatu berkas penting yang harus kamu siapkan pada saat melamar pekerjaan. Surat ini berisi informasi singkat tentang dirimu dan tujuanmu bekerja di sebuah perusahaan. Kamu harus buat surat lamaran kerja semenarik mungkin agar HRD sebuah perusahaan menjadi tertarik untuk merekrut kamu.

Pada saat ini, perkembangan teknologi memberikan kamu banyak kemudahan. Contohnya saja kamu dapat membuat Surat Lamaran Kerja dengan berbagai platform seperti misal Canva. Kamu juga dapat membuat Surat Lamaran Kerja online pada platform – platform pembuat CV online yang tersebar di internet.

Pentingnya Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Walaupan perkembangan jaman sudah pesat, namun terdapat beberapa perusahaan besar atau kecil meminta kamu yang ingin melamar pekerjaan mengirimkan CV dan juga Surat Lamaran Kerja dengan tulis tangan.

Selain menilai keseriusan dari para calon karyawan, terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan atau penyedia pekerjaan meminta calon pelamar membuat Surat Lamaran Kerja yang berupa tulisan tangan seperti :

1. Menilai Kemampuan Kamu Dalam Menulis

Tulisan tangan kamu menjadi salah satu penilaian HRD sebuah perusahaan. Dari hasil tulisanmu HRD mengetahui kemampuan komunikasi tertulis kamu, termasuk penulisan yang jelas, tata bahasa yang benar, dan gaya penulisan yang baik. Keterampilan yang sangat dihargai dalam berbagai pekerjaan seperti penulis, copywriter dan lain – lain.

2. Menilai Kejujuran dan Keaslian Surat Lamaran Kerja 

Surat lamaran seperti ini dapat digunakan untuk menilai sejauh mana integritas dan keaslian calon pelamar. Hal ini disebabkan oleh kesulitan dalam menyalin atau mengedit tulisan tangan orang lain. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih percaya bahwa informasi yang kamu sampaikan akurat dan tidak dimanipulasi.

3. Menunjukkan Dedikasi Calon Karyawan 

Membuat surat lamaran kerja jenis ini memerlukan waktu dan usaha lebih daripada membuat surat lamaran kerja di portal pembuat surat lamaran di internet. Hal tersebut akan membuat HRD tertarik untuk merekrut kamu karena melihat usahamu.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat Lamaran Kerja yang seperti ini sangat cukup mudah untuk dibuat. Membuat surat tipe ini sama dengan membuat Surat Lamaran Kerja Word. Isi dari surat ini terdiri dari Informasi Pribadi, Tujuan, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Keterampilan, Prestasi atau Pencapaian, dan komponen – komponen lainnya seperti Hobi dan Minat. Adapun cara membuatnya yaitu.

  1. Siapkan kertas double folio dan alat tulis.
  2. Isi Informasi Pribadi, Tujuan, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Keterampilan, Prestasi atau Pencapaian, Hobi dan Minat.
  3. Sertakan no telepon, whatsapp dan email atau kontak lainnya.

Setelah kamu membaca pentingnya dan bagaimana cara membuat surat lamaran jenis ini, berikut ini merupakan contoh dari surat lamaran kerja tulis tangan :

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 

Berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan:

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Surat Lamaran Dengan Tulis Tangan | Sumber : bikincv.com

Nah, sekian panduan dan juga contoh dalam membuat surat lamaran kerja berupa tulisan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari sebuah pekerjaan.

Semoga Bermanfaat !