Application Letter

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru, Dijamin Dilirik HRD!

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru, Dijamin Dilirik HRD! – Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan, kamu harus mengurusi semua persyaratan dan dokumen – dokumen yang dibutuhkan. Kamu pasti sudah mengetahui tentang CV atau Curriculum Vitae, terdapat juga dokumen lain yaitu surat lamaran kerja

Surat ini adalah dokumen yang kamu siapkan karena merupakan syarat yang wajib dikirim bersamaan dengan CV. Sama dengan CV, surat ini juga harus kamu buat dengan baik dan benar serta semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian dari HRD.

Surat ini juga memiliki peran sebagai senjata untuk kamu menunjukkan kualitas dirimu dan skill yang kamu miliki sebagai seorang profesional. Kamu dapat mencantumkan tujuanmu untuk menjadi profesional dan aspirasi pada perusahaan yang dituju. Hal tersebut dapat membuat kamu terlihat lebih menonjol dari kandidat lainnya. Nah maka dari itu, berikut panduan untuk kamu dalam membuat surat lamaran ini.

Bagian – Bagian Dari Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat Application Letter atau Cover Letter, kamu harus mengetahui bahwa surat ini terdiri dari beberapa bagian penting yang harus kamu susun dengan rapi. Berikut adalah bagian-bagian utama yang ada dalam surat ini:

Header

Bagian atas surat ini biasanya berisi informasi kontak kamu, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Ini membantu perusahaan untuk menghubungi kamu dengan mudah.

Tanggal

Cantumkan tanggal saat kamu menulis surat lamaran. Biasanya, tanggal ini diletakkan di atas informasi kontak.

Alamat Perusahaan

Jika kamu mengetahui nama penerima atau alamat perusahaan, cantumkan di bawah tanggal. Hal ini akan memberikan kesan bahwa surat kamu ditujukan secara khusus kepada perusahaan tersebut.

Salam Pembuka

Salam pembuka adalah pengantar surat. Gunakan salam yang sopan, seperti “Kepada Yth.” atau “Salam Sejahtera.”

Paragraf Pembuka

Paragraf pertama adalah tempat untuk kamu menyatakan tujuanmu menulis surat, yaitu melamar posisi tertentu di perusahaan tersebut.

Motivasi

Di paragraf ini, jelaskan mengapa kamu tertarik pada suatu posisi yang  kamu inginkan dan mengapa kamu merasa cocok dengan perusahaan tersebut. Sebutkan juga upaya riset yang kamu lakukan terkait perusahaan.

Pengalaman dan Kualifikasi

Jelaskan pengalaman, pendidikan, dan kualifikasi kamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Kesesuaian dengan Kriteria

Bicarakan bagaimana kamu memenuhi kriteria yang dicari oleh perusahaan untuk posisi tersebut. Tunjukkan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi positif.

Penutup

Paragraf penutup adalah tempat kamu menyimpulkan surat lamaran kamu. Sampaikan harapan kamu untuk diberikan kesempatan mengikuti tahap selanjutnya.

Salam Penutup

Gunakan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih.”

Tanda Tangan

Tandatangani surat lamaran kamu secara manual jika mengirimkan surat dalam bentuk fisik. Untuk surat elektronik, gunakan tanda tangan digital jika perlu.

Lampiran

Jika kamu melampirkan dokumen seperti CV, portofolio, atau surat referensi, cantumkan ini di akhir surat.

Pastikan surat lamaran kamu memiliki tata letak yang rapi dan mudah dibaca. Hindari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Selalu sesuaikan surat lamaran kamu  untuk setiap posisi yang kamu lamar, dan jangan lupa untuk melakukan revisi dan koreksi sebelum mengirimkannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja dari beberapa pekerjaan, sesuaikan dengan minat dan kemampuanmu ya !

Surat Lamaran Kerja Untuk Menjadi Guru

Bagi kamu yang berniat untuk menjadi guru, berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja untuk menjadi guru.

………., …….. 20…

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Yth, Bapak/Ibu Kepala Sekolah
…………………………
di ………..

Dengan hormat,

Berkenaan dengan informasi lowongan pekerjaan yang terdapat di harian ……. Post tentang lowongan pekerjaan untuk guru …… pada Bapak/Ibu, maka untuk itu saya ingin mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut di atas.

Adapun biodata singkat saya adalah sebagai berikut:

Nama Lengkap : ………………
Tempat/Tanggal Lahir : ………………
Jenis Kelamin : ………………
Agama : ………………
Pendidikan Terakhir : ………………
Alamat : ………………
Pekerjaan yang dilamar : ………………

Adapun alasan saya untuk mengajukan lamaran di posisi tersebut ialah minat saya terhadap pendidikan dini pada anak-anak serta sesuai dengan pendidikan yang telah saya tempuh. Untuk mendukung lamaran saya, saya telah melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

Foto copy sah ijazah terakhir 1 lembar,

Photocopy transkip nilai terakhir 1 lembar,

Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 3 lembar,

Fotocopy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang bertugas,

Surat keterangan sehat 1 lembar,

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat menerima saya menjadi guru tetap di Yayasan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(………………)

Sumber : bikincv.com

Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan

Berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja di perusahaan. Bagi kamu yang ingin berkerja di sebuah perusahaan, kamu dapat menjadikan contoh ini sebagai referensi dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

Surat Lamaran Kerja di Perusahaan
Lamaran Kerja di Perusahaan | Sumber : Pinterest @benjobs

Contoh Surat Lamaran Kerja Security

Apabila kamu ingin melamar pekerjaan sebagai Security, berikut merupakan contoh surat lamaran kerja security yang dapat kamu jadikan sebuah referensi.

Surat Lamaran Kerja Security
Lamaran Kerja Bagian Security | Sumber : Pinterest @Benjobs

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Nah berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja di hotel, bagi kamu yang memiliki keinginan untuk bekerja di bidang perhotelan kamu dapat gunakan contoh di bawah ini untuk dijadikan sebuah referensi dalam membuat surat lamaranmu.

Application Letter Untuk Kerja Hotel
Lamaran Kerja di Hotel | Sumber : bikincv.com

Contoh Surat Lamaran Kerja Housekeeping

Apabila kamu lulusan SMK jurusan Pariwisata yang memiliki kemampuan housekeeping, berikut merupakan contoh surat lamaran kerja Housekeeping.

Application Letter Untuk Housekeeping
Lamaran Kerja Housekeeping | Sumber : Scribd

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Apakah cita – cita kamu adalah sebagai pegawai bank ? nah, berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja di bank yang dapat kamu jadikan referensi dalam membuat surat lamaran kamu sendiri.

Application Letter di Bank
Lamaran Kerja di Bank | Sumber : bikincv.com

Contoh Surat Lamaran Berdasarkan Iklan

Banyak iklan lowongan pekerjaan yang tersebar di internet maupun media sosial, di bawah ini terdapat contoh surat lamaran berdasarkan iklan yang kamu lihat.

Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan
Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan | Sumber : bikincv.com

Nah, berikut merupakan panduan lengkap beserta beberapa contoh surat lamaran kerja buat kamu yang sedang mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat surat lamaran kerja.