Mahasiswi Fresh Graduate

Contoh CV Fresh Graduate Terbaru!

Contoh CV Fresh Graduate Terbaru! – Bagi kamu para mahasiswa yang baru saja lulus dari tempat kuliahmu, pasti kamu ingin untuk lanjut bekerja sesuai dengan bidangmu.  Namun, bagaimana kalau kamu tidak memiliki pengalaman kerja ?

Kebanyakan HRD dari sebuah perusaahaan pasti mencari kandidat pekerja yang sudah berpengalaman agar berdampak baik pada kinerja perusahaan.

Santai saja, walaupun belum memiliki pengalaman, kamu para Fresh Graduate tetap bisa terpilih menjadi pekerja di suatu perusahaan. Berikut merupakan beberapa tips dalam membuat CV untuk Fresh Graduate.

Tips Membuat CV Untuk Fresh Graduate

1. Berisi Data Diri Lengkap

Untuk dilirik oleh para HRD, sebelum kamu menampilkan hal lain dari dirimu untuk di CV, kamu harus membuat CV yang berisis data dirimu yang lengkap. Data diri yang lengkap terdiri dari identitas diri, seperti nama lengkap, tempat, tanggal lahir, nomor telepon, dan email agar mudah dihubungi oleh perusahaan saat berhasil lolos ke tahap seleksi berikutnya. Perlu juga mencamtukan sosial media agar para HRD dapat melihat juga bagaimana dirimu di suatu media sosial.

2. Tampilkan Informasi Tentang Pendidikan Dengan Jelas  

Pada CV patut untuk kamu menampilkan informasi tentang pendidikan yang sudah kamu tempuh. Sebuah perusahaan pasti memiliki minimal kualifikasi pendidikan atau bahkan pendidikan tertentu. Untuk itu, kamu perlu mencantumkan pendidikan terakhirmu di dalam CV, lengkap dengan nama universitas, jurusan, dan juga tahun ajaran. Bisa juga kamu isi dengan prestasimu di dalam sebuah perlombaan selama perkuliahan.

3. Tambahkan Tujuan Karir

Tambahkan tujuan karir dengan jelas pada CV kamu. Tujuan karir seperti posisi apa yang kamu incar di perusahaan ini ? apa yang bisa kamu kerjakan ? Bagaimana akan kontribusimu di perusahaan ini ?. Kejelasan tujuanmu untuk berkarir di sebuah perusahaan akan membuat para HRD akan tertarik pada dirimu. Mungkin saja kamu akan lebih menonjol dari para kandidat yang lain karena memiliki tujuan jelas.

4. Cantumkan Pengalaman Organisasi atau Proyek Yang Sudah Dikerjakan

Wajar saja apabila kamu selama perkuliahan tidak memiliki sebuah pengalaman kerja, namun pastinya kamu memiliki sebuah pengalaman organisasi, magang atau proyek yang pernah kamu kerjakan. Hal tersebut akan menjadi poin tambahan bagi para HRD, karena mereka melihat kapabilitasmu untuk bekerja bersama pekerja lainnya. Cantumkan juga apabila kamu saat berkuliah pernah menyelesaikan proyek-proyek akademik yang menonjol seperti penelitian, tugas besar, atau pernah menjadi seorang pembicara di sebuah Event.

5.  Pamerkan Kemampuan dan Skill Yang Kamu Miliki 

Tonjolkan kemampuan dan skill yang kamu miliki, apabila kamu ingin melamar pekerjaan sebagai Web Developer, cantumkan pada CV kamu skill mu seperti pemrograman, desain grafis, analisis data. Isi juga skill interpersonal kamu seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja tim dan lain – lain. Apabila kamu pernah mengikuti sertifikasi atau workshop tampilkan juga.

Contoh CV Untuk Fresh Graduate

Nah, tadi sudah diberikan tips untuk membuat CV bagi Fresh Graduate yang belum memiliki pengalaman pekerjaan. Apabila kamu mengikuti tips di atas, kemungkinan besar kamu akan dilirik oleh seorang HRD di sebuah perusahaan.

Tetap percaya diri bahwa kamu akan menjadi kandidat yang paling menonjol dari kandidat – kandidat yang lain.

Berikut merupakan contoh CV bagi Fresh Graduate yang tidak memiliki pengalaman pekerjaan.

CV Untuk Fresh Graduate
CV Untuk Fresh Graduate | Sumber : Penulis

Nah sekian tips dan contoh Template CV untuk kamu yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Meskipun kamu belum memiliki pengalaman pekerjaan, kamu harus bisa untuk menunjukkan kepada HRD perusahaan bahwa kamu memiliki potensi, kapabilitas, dan motivasi yang diperlukan untuk sukses dalam pekerjaan yang kamu inginkan. Simak artikel menarik lainnya selalu di Rajaloker.id.

Semoga Bermanfaat !