10+ Contoh CV Bahasa Indonesia Yang Menarik

10+ Contoh CV Bahasa Indonesia Yang Menarik

10 Contoh CV Bahasa Indonesia Yang Menarik – Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan, kamu akan memerlukan dokumen penting yang bernama CV. CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang kamu buat untuk merangkum informasi mengenai pengalaman kerja atau organisasi, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian kamu. CV digunakan untuk mencari sebuah pekerjaan ataupun saat kamu ingin mencari posisi lain di perusahaan yang berbeda.

Curriculum Vitae berasal dari bahasa latin yang berarti perjalanan hidup. Jadi secara tidak langsung sebuah dokumen ini akan menentukan bagaimana perjalanan hidupmu, jadi kamu harus membuat CV dengan baik dan besar serta menarik.

Bagian – Bagian CV

Terdapat beberapa hal yang kamu harus cantumkan dalam membuat CV. Berikut merupakan bagian – bagian dari sebuah CV yang terdiri dari:

1. Data Diri 

Pada bagian data diri, kamu harus memulis informasi tentang dirimu yang mencakup nama lengkap, alamat, nomor telepon, email, dan informasi kontak lainnya seperti WhatsApp dan juga media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn dan lain – lain.

2. Deskripsi Diri 

Deskripsi diri dalam CV adalah bagian yang berisi tugas, tanggung jawab, dan pencapaian yang kamu telah capai selama pengalaman kerja kamu. Bagian ini membantu para HRD memahami peran kamu dalam pekerjaan sebelumnya dan bagaimana kamu berkontribusi dalam posisi tersebut.

3. Pendidikan 

Pada bagian ini, kamu mencantumkan riwayat pendidikan, termasuk nama institusi, gelar yang diperoleh, tahun lulus, dan prestasi akademik. Biasanya, pendidikan terakhir kamu ditempatkan di bagian paling atas.

4. Pengalaman Kerja 

Pada bagian ini, kamu mencantumkan pengalaman kerja terdahulu dengan mencakup nama perusahaan, posisi kamu, tanggal mulai dan berakhirnya, dan deskripsi tugas serta pencapaian kamu di setiap pekerjaan.

5. Kemampuan dan Keterampilan 

Disini kamu harus menonjolkan kemampuan dan keterampilan yang kamu punya. Agar dilirik oleh para HRD kemampuan dan keterampilanmu harus sesuai dengan kebutuhan dari sebuah perusahaan.

6. Sertifikasi dan Pencapaian 

Selain pengalaman kerja, penting juga mencantumkan sertifikasi dan pencapaian dalam CV yang kamu buat. Sertifikasi adalah bukti tertulis yang diberikan oleh suatu instansi apabila kamu sudah memenuhi standar tertentu dalam suatu kompetensi atau ilmu pengetahuan.

7. Informasi Tambahan 

Pada bagian ini kamu dapat mencantumkan beberapa informasi tambahan seperti hobi, publikasi yang pernah kamu buat dan lain – lain.

CV Sangat Penting, Mengapa ?

CV sangat penting bagi para HRD sebuah perusahaan atau sebuah bisnis yang membuka lowongan pekerjaan karena dengan dokumen tersebut berisi informasi penting yang terdiri dari pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaiandari para calon pelamar. Biasanya para HRD akan menggunakan dokumen ini untuk sebagai bahan untuk pertimbangan awal sekaligus membandingkan kamu dengan pelamar yang lain.

Maka dari itu, CV yang kamu buat harus benar – benar menarik. Penting bagi kamu untuk menonjolkan kemampuan dan keterampilanmu yang memang sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Dengan dokumen tersebut, kamu dapat membangun citra profesional yang dapat dilihat oleh para HRD.

Tentu saja dalam pembuatan CV kamu harus menyajikan informasi yang jujur dan akurat. Apabila kamu memberikan informasi yang palsu atau tidak benar dari aspek kemampuan, pendidikan atau data diri lainnya, hal tersebut akan merusak citramu dan mempertaruhkan karir yang kamu akan bangun.

Contoh CV Dalam Bahasa Indonesia

Berikut merupakan beberapa contoh CV dalam bahasa Indonesia yang dapat kamu gunakan untuk refrensi dalam kamu membuat CV.

1. Contoh CV Bahasa Indonesia

CV Dalam Bahasa Indonesia
CV Dalam Bahasa Indonesia | Sumber : bikincv.com

2. Contoh CV Dalam Bahasa Indonesia Kreatif

CV Kreatif
CV Kreatif | Sumber : Pinterest

3. Contoh CV Dalam Untuk Fresh Graduate

CV Fresh Graduate
CV Fresh Graduate | Sumber : Pinterest

4. Contoh CV Lulusan SMA Dalam Bahasa Indonesia

CV Siswa SMA
CV Siswa SMA | Sumber : Scribd

5. Contoh CV Untuk Lulusan SMK Dalam Bahasa Indonesia

Contoh CV Siswa SMK Jurusan Pariwisata
Contoh CV Siswa SMK Jurusan Pariwisata | Sumber : bikincv.com

6. Contoh CV Dalam Bahasa Indonesia Tanpa Pengalaman

CV Fresh Graduate
CV Fresh Graduate | Sumber : Pinterest

7. Contoh CV Simple

Template CV Simple
Template CV Simple | Sumber : bikincv.com

8. Contoh CV yang Menarik Perhatian HRD

Contoh CV Menarik HRD
Contoh CV Menarik HRD | Sumber : bikincv.com

9. Contoh CV Tulis Tangan Dengan Bahasa Indonesia

CV Tulis Tangan
CV Tulis Tangan | Sumber : Pinterest

10. Contoh CV Dengan Bahasa Indonesia Dalam Bentuk Word

Contoh CV Word
Contoh CV Word | Sumber : freesumes.com

Semoga dengan artikel ini kamu dapat membuat CV dengan Bahasa Indonesia yang menarik hasil karyamu sendiri. Simak artikel – artikel menarik lainnya selalu di Rajaloker.id