Contoh Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Untuk Melamar Kerja

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Untuk Melamar Kerja

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Untuk Melamar Kerja – Selain surat lamaran kerja dan CV, ada surat lain yang kerap dibutuhkan bagi beberapa perusahaan saat melamar kerja. Beberapa perusahaan tertentu biasanya mengharuskan pelamar kerja untuk mencantumkan surat pernyataan  orang tua/wali. Mungkin anda pernah mendengar tentang surat satu ini?

Surat satu ini kerap diminta oleh perusahaan dengan alasan sebagai bukti kesiapan atau kesanggupan orang tua mempekerjakan anakanya di perusahaan yang di tuju. Selain itu, surat ini nantinya akan dapat menentukan apakah surat pernyataan disetujui atau tidak. Surat satu ini kiranya sangat penting bagi beberapa perusahaan yang terkait dengan kesanggupan orang tua merelakan anaknya untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tentunya surat pernyataan ini ditanda tangani tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Untuk Melamar Kerja
Ilustrasi Tanda Tangani Surat Pernyataan | Image Source : Shutterstock.com

Meski kerap digunakan, namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara pembuatan surat ini dengan baik dan benar. Mengingat ini merupakan surat penting, maka tidak dapat dibuat dengan sembarangan. Serbenarnya membuat surat pernyataan satu ini tidaklah susah, format yang digunakan masih sama dengan format surat pernyataan lainnya. Ada beberapa bagian surat ini yang harus anda perhatikan saat membuatnya, seperti :

  1. Tanggal, tahun dan tempat pembuatan surat
  2. Alamat tujuan surat
  3. Salam pembuka surat
  4. Isi surat
  5. Salam penutup
  6. Nama lengkap

Hal-hal tersebut tentunya harus anda perhatikan saat membuat surat satu ini. Untuk anda yang kebingungan, kami akan berikan contoh surat pernyataan orang tua untuk bekerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Untuk Melamar Kerja

Surat Pernyataan

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                     : Agus Sucipta

Umur                                      : 43 Tahun

Agama                                   : Islam

Pekerjaan                              : Wiraswasta

Alamat                                    : Jl. Boba, Surabaya

Selaku Orang tua dari :

Nama                                     : Bagus Cipta

Tampat, Tanggal lahir         : 18 Januari 1998

Jenis Kelamin                       : Laki-laki

Agama                                   : Islam

Status Perkawinan              : Belum Kawin

Pendidikan Terakhir            : SMA

Alamat                                    : Jl. Boba, Surabaya

Dengan surat ini, saya selaku orang tua tidak merasa keberatan jika anak saya yang bernama Bagus Cipta bekerja di PT. ABC dan ditempatkan di cabang-cabang seluruh Indonesia. Demikianlah surat pernyataan izin ini, saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun, atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan, saya ucapkan terimakasih.

 

Surabaya, 9 Agustus 2021

Hormat saya,

Orang tua/Wali

Agus Sucipta

Sekian Contoh Surat Pernyataan Orang Tua/Wali Untuk Melamar Kerja. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membuat surat pernyataan orang tua untuk melamar kerja yang baik dan benar. Jangan lupa simak berbagai artikel menarik lainnya seputar diunia kerja hanya di Raja Loker Blog. Follow juga Instagram @rajalokerdotid untuk mengetahui informasi tentang lowongan kerja terbaru.