Contoh Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa

Contoh Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa – Menjadi mahasiswa bukan berarti kamu hanya kuliah-pulang kuliah-pulang saja. Ada baiknya selama kuliah kamu mengisi waktu dengan mengikuti magang atau part time. Selain bisa menghasilkan uang, memiliki pengalaman seperti itu juga bisa meningkatkan hard skill dan soft skill kamu yang tentunya akan bermanfaat untuk jenjang karier berikutnya.

Perusahaan kecil maupun perusahaan ternama saat ini sering sekali membuka lowongan magang atau part time untuk mahasiswa. Namun karena peminatnya tidak sedikit, tidak semua orang yang mendaftar bisa lolos seleksi magang atau part time. Banyaknya persaingan dalam pendaftaran magang atau part time perlu strategi khusus agar HRD atau perusahaan tertarik, salah satunya adalah membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Bagian Isi

Dalam bagian isi, kamu dapat menulis informasi lengkap tentang data diri hingga keahlian yang dimiliki secara singkat dan padat agar HRD bisa tertarik dengan hanya sekali lirikan saja. Berikut ini isi Daftar Riwayat Hidup atau CV mahasiswa yang wajib kamu cantumkan.

1. Data Diri

Hal paling penting dalam sebuah CV adalah data diri, mahasiswa wajib mencantumkan identitas diri, seperti nama lengkap, tempat, tanggal lahir, nomor telepon, dan email agar mudah dihubungi oleh perusahaan saat berhasil lolos ke tahap seleksi berikutnya.

2. Data Pendidikan

Sebuah perusahaan pasti memiliki minimal kualifikasi pendidikan atau bahkan pendidikan tertentu. Untuk itu, kamu perlu mencantumkan pendidikan terakhirmu di dalam CV, lengkap dengan nama universitas, jurusan, dan juga tahun ajaran.

3. Data Pengalaman

Meskipun sebagai mahasiswa kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi, pekerjaan part time, freelance, atau Unit Kegiatan Mahasiswa di dalam CV.

HRD akan menilai pengalaman tersebut sebagai sebuah kelebihan karena mereka akan menilai bahwa kamu pernah bekerja sebagai tim, dalam berbagai kegiatan, memiliki pengalaman, dan bersama orang banyak.

4. Keahlian atau Skill

Selanjutnya, kamu wajib mencantumkan keterampilan atau skill pendukung, seperti bisa memakai aplikasi Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, desain, Microsoft Office, atau keahlian lainnya di dalam CV sebagai kelebihan yang bisa dilihat oleh HRD.

Hal Yang Tidak Perlu Dicantumkan Dalam CV Mahasiswa

Tidak semua hal perlu dicantumkan ke dalam CV, ada beberapa informasi atau larangan yang patut kamu hindari agar tidak ditolak oleh perusahaan, seperti beberapa hal berikut ini.

1. Informasi Terlalu Panjang

Informasi yang dicantumkan dalam CV harus memakai kata yang efektif dan mencakup secara garis besar data dirimu.

2. Informasi Palsu

Sebagai mahasiswa yang ingin melamar ke perusahaan, kejujuran adalah hal yang paling penting. Kamu perlu menuliskan informasi sebenar-benarnya dan jujur agar rekruiter bisa mengecek CV sesuai bakatmu.

3. Desain Berlebihan

Hal terpenting dalam mengirim sebuah CV adalah informasi yang kamu berikan bisa dibaca dengan baik dan cepat oleh HRD. Untuk itu, kamu tidak perlu menggunakan desain yang terlalu ramai atau berlebihan dalam CV.

4. Gunakan Satu Bahasa

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan CV dengan satu bahasa saja, yakni bahasa Indonesia atau bahasa Inggris agar HRD dapat memahami isi dari CV dengan cepat, indah untuk dilihat, dan tidak rumit.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa

Setelah mengetahui isi Daftar Riwayat Hidup atau CV yang tidak perlu dicantumkan, kini kamu dapat membuat CV mahasiswa dengan baik dan benar. Sebagai gambaran, kamu bisa mengikuti beberapa contoh di bawah ini :

Nah, itu dia Contoh Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa yang bisa dicontoh untuk melamar magang atau part time sebagai pengalaman sebelum bekerja.

Gunakan bahasa yang efektif dan padat agar HRD bisa membaca CV kamu dengan mudah. Cantumkan seluruh data diri, skill, dan pendidikan sesuai yang kamu miliki. Tetap Semangat !