10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview – Saat melakukan interview, tentu ada beberapa hal yang akan di tanyakan oleh perekrut. Maka dari itu, kamu haruslah mempelajari beberapa pertanyaan dan cara menjawab yang baik dan benar. Sebab, pihak rekruter akan turut menilai diri kamu dari cara kamu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Selain pertanyaan, perekrut juga ingin mengetahui lebih dalam tentang dirimu. Maka tak jarang kamu akan dimintai untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan dirimu, atau disebut juga kekuatan atau kelemahan diri sendiri. Meski terdengar sangat mudah dijawab, namun masih ada orang yang kerap kebingungan dalam menjawab pertanyaans satu ini.

Saat interview, kamu haruslah memberikan jawaban yang padat dan jelas. Mengingat bahwa tahapan satu ini merupakan tahapan yang paling menentukan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut. Maka kamu harus menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar, sama seperti jawaban saat menjelaskan kelebihan dan kerungan kamu. Jangan sampai kamu memberikan jawaban yang kurang mengenankan, agar peluang kamu masuk ke perusahaan tersebut hangus.

Bagi kamu yang masih kebingungan dengan cara menjawab tentang kelebihan dan kekurangan dirimu, kami akan memberikan beberapa contoh jawabannya. Simak contoh jawaban kelebihan dan kekurangan diri di bawah ini agar proses interviewmu berjalan dengan lancar.

Contoh Jawaban Kelebihan Diri

10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview
Ilustrasi Interview | Image Source : istockphoto.com
  1. Fleksibel

Salah satu contoh kelebihan diri yang bisa kamu gunakan dalam proses interview ini adalah Fleksibel. Jawaban fleksibel ini kerap menjadi pilihan utama kandidat saat diminta menjelaskan tentang kelebihan dirinya. Melontarkan jawaban ini saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri membuatmu tampak luwes.

  1. Kemampuan interpersonal yang baik

Menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri dengan kemampuan interpersonal yang baik dapat memberikan keunggulan. Sebab, jawaban ini secara tidak langsung memberitahu bahwa kamu dapat bergaul bersama semua rekan kerja dengan baik. Kamampuan ini juga menandakan bahwa kamu dapat bekerja dengan mumpuni bersama atasan di kantor baru.

  1. Percaya diri

Jawaban satu ini mungkin kerap digunakan oleh kebanyakan orang saat ditanya tentang kelebihan dan kekurangan diri mereka. Jawaban ini satu ini dapat membantu kamu terlihat ambisius dan siap untuk bekerja bagi perusahaan. Terlebih lagi jika kamu lebih terlihat meyakinkan dengan gestur yang baik saat menyampaikannya. Jangan lupa untuk sertakan contoh yang baik, misalnya kamu percaya diri dengan semua hasil kerjamu.

  1. Kamampuan problem solving

Kemampuan mengatasi masalah juga bisa kamu sebutkan dalam kelebihan diri kamu. Kamu dapat menerangkan bahwa kamu memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah. Jawaban ini cukup dicari oleh perusahaan, pasalnya di tempat kerja kamu pasti akan menenukan berbagai masalah. Agar lebih meyakinkan, jangan lupa untuk berikan contoh inisiatif problem solving-mu di kantor yang lama.

  1. Rapi

Kerapian juga menjadi salah satu hal yang diincar oleh perekrut. Sebab perusahaan akan selalu mencari karyaean yang dapat bekerja sesuai aturan yang telah ditentukan. Bahkan tak hanya itu, kerapian juga menandakan jika seorang pekerja yang detail terhadap perkejaannya.

  1. Kreatif

Saat ditanya tentang kelebihan kamu, kamu dapat menjawab bahwa kamu memiliki kelebihan sebagai seorang yang kreatif. Jawaban ini tentu akan membuatmu lebih istimewa di mata rekruter. Sebab, di era modern seperti saat ini, perusahaan selalu berusaha untuk meraih inovasi baru. Dengan karyawan yang kreatif, tentu saja perusaan akan dapat mencapai target bisnis dengan lebih cepat. Saat menjawabnya, kamu sertakan contoh yang berkaitan dengan hasil kreativitasmu di kantor sebelumnya agar tidak mengada-ada.

  1. Tidak gampang menyerah

Tidak gampang menyerah menjadi salah satu jawaban yang bisa kamu utarakan ketika ditanya tentang kelebihan kamu. Ini tentunya akan menjadi daya tarik perekrut untuk menerima kamu. Mengingat di era modern ini akan lebih banyak tantangan dan inovasi yang pastinya akan melelahkan. Maka dari itu, seorang dengan kelebihan ini sangat diperlukan oleh semua perusahaan. Mereka membutuhkan karyawan yang kuat dan tidak mudah menyerah.

  1. Jujur

Kamu bisa menjelaskan bahwa kamu adalah seorang yang jujur kepada rekruter. Kamu dapat menerangkan pada mereka bahwa kamu tidak malu untuk mengajukan pertanyaan bila tidak memahami sebuah tugas. Jawaban ini akan membuat perusahaan lebih tertarik karena mereka tahu bahwa kamu adalah calon karyawan yang akan menciptakan hasil kerja terbaik.

  1. Menguasai berbagai hard skill

Pada masa kini, perusahaan harus berkutat dengan banyak perusahan, termasuk perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk beradaptasi. Perusahaan tentunya akan mengutamakan kandidak dengan kemampuan hard skill yang mumpuni, terutama pada bidan IT dan management.

Nah, disini kamu dapat menjawab bahwa kelebihan kamu adalah menguasai berbagai hard skill. Ini tentunya akan membuat kamu lebih unggul dibandingkan dengan kandidat lainnya. Agar lebih meyakinkan, jangan lupa untuk berikan contoh kerja menggunakan hard skill tertentu kepada rekruter.

  1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Kandidat yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentu menjadi incaran perekrut. Ini karena setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat mengajukan pendapat dan saran tanpa ragu. Saat kamu menggunakan jawaban ini, pastikan penjelasanmu tidak bertele-tele dan mudah untuk dipahami rekruter.

Contoh Jawaban Kelemahan Diri

10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview
Ilustrasi Interview | Image Source : istockphoto.com
  1. Tidak Sabar

Jika ditanya tentang kelemahanmu, kamu bisa menjawab bahwa kamu adalah orang yang tidak sabaran. Kamu dapat menerangkan bahwa kamu tidak sabar untuk menuntaskan semua pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Kamu juga dapat terangkan bahwa kamu bekerja menggunakan to-do-list agar tidak terhindar dari tanggung jawab sehari-hari. Alih-alih terlihat lemar, rekruter justru akan melihatmu sebagi karyawan yang cekatan dan penuh semangat.

  1. Belum cukup pengalaman

Kamu bisa juga menyampaikan bahwa pengalaman yang kamu miliki belum cukup. Jawab ini bisa kamu gunakan jika kamu seorang fresh graduate. Namun, tetap jabarkan pengalaman magang atau kegiatan lain yang sehubungan dengan posisi yang kamu incar. Jelaskan jawaban tersebut dengan penuh semangat. Sehingga perekrut akan melihat kamu sebagai calon karyawan yang ambisius dan mau belajar.

  1. Kurang percaya diri

Jika kamu memiliki kepribadian tertutup, kamu bisa menggunakan jawab satu ini. Kamu bisa sampaikan bahwa kamu merasa kurang nyaman saat harus berbicara di tengah banyak orang. Namun, kamu juga harus menjelaskan jika kamu akan berusaha untuk memperbaiki diri. Sebagai contoh, kamu mulai mengikuti kelas-kelas public speaking bersama teman-teman dari kantor lama.

  1. Sifat Kompetitif

Sifat kompetitif mungkin menjadi salah satu jawaban yang bisa kamu utarakan. Ini dapat menggambarkan kamu siap bekerja di tempat kerja yang kompetitif. Namun agar lebih baik, jelaskan bahwa kamu memiliki jiwa kompetitif yang adil. Kamu tidak akan mengalahkan seseorang dengan cara yang tidak terpuji.

  1. Sulit mengambil keputusan

Jawaban ini cocok untuk kamu utarakan, yaitu sulit dalam mengambil keputusan. Jelaskanlah bahwa kamu tidak pernah merasa yakin tentang apapun. Rasa ragu bisa membuatmu kesulitan ketika dihadapi oleh berbagai keputusan. Sebagai penggantinya, jelaskan pada perekrut bahwa kamu selalu memikirkan konsekuensi sebelum mengambil keputusan. Untuk lebih jelas, sertakan contoh yang baik. Misalnya, di kantor lama kamu kerap membuat mind map saat diminta mengambil keputusan oleh rekan kerja.

  1. Terlalu extrovert

Kamu bisa menjawab bahwa kamu adalah orang yang extrovert. Sebenarnya menjadi extrovert di tempat kerja adalah sebuah keuntungan. Sebab, kamu bisa beradaptasi pada kondisi lingkungan baru dengan cepat. Namun, terkadang karyawan harus bekerja secara remote dan hal tersebut bisa menjadi penghambat. Sebagai solusi, paparkan pada rekruter bahwa kamu sudah menemukan cara-cara terbaik untuk mengatasi gelisah saat bekerja secara mandiri. Jelaskan juga bahwa kepribadianmu diperlukan dalam lingkungan kerja modern.

  1. Mudah kecewa

Mudah kecewa juga bisa kamu jadikan sebagai jawaban ketika ditanya tentang kelebihan dan kekurangan kamu. Kamu bisa sampaikan jawaban ini dengan keterangan yang logis. Sebagai contoh, kamu mudah kecewa dengan pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu secara aktif selalu mencari cara untuk meningkatkan kemampuan. Jelaskan juga, meski kamu kecewa, kamu tidak akan terlalu dalam rasa sedih. Kamu akan berusaha agar pekerjaan bisa terlihat lebih baik, meski harus aktif bertanya pada rekan kerja.

  1. Kurang menguasai bahasa asing

Kemampuan berbahasa asing kerap menjadi kualifikasi utama di perusahaan besar saat ini. Maka dari itu, menjawab kurang menguasai bahasa asing sebagai kekurangan saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri bisa cukup merugikan. Akan tetapi, kamu bisa membuat jawaban ini menjadi menguntungkan loh. Contohnya, kamu bisa jelaskan bahwa kamu tidak mampu berbahasa mandarin, namun sampaikan bahwa kamu memiliki kemampuan berbahasa inggris.

  1. Skill tidak mumpuni pada bidang yang dipilih

Kamu bisa juga menerangkan bahwa kamu memiliki kelemahan tidak memiliki skill pada bidang yang dipilih. Sebagai contoh, saat daftar bidang pemasaran, kamu bisa jelaskan bahwa pengetahuan kamu tentang pemasaran masih kurang. Sebagai gantinya, kamu dapat menjelaskan pengalaman kerja atau studi yang membuat percaya diri untuk melamar lowongan tersebut.

  1. Implusif

Kamu juga bisa menyebutkan kekurangan dirimu adalah implusif. Kamu dapat sampaikan pada perekrut, bahwa kamu sikap implusif ini terkadang membuatmu lupa akan konsekuensi dari pilihan yang diambil. Namun, kelemahan ini juga bisa menunjukan bahwa kamu bisa bertindak cepat tanpa terlalu banyak melakukan pertimbangan.

Sekian 10 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui jawaban tentang kelebihan dan kekurangan saat interview. Simak berbagai artikel menarik seputar dunia kerja lainnya hanya di Rajaloker Artikel.