Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar, Ternyata Mudah!

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar, Ternyata Mudah!

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar, Ternyata Mudah! – Bekerja merupakan hal yang sangat wajib dikaukan untuk semua orang. Karena, kita sebagai manusia wajib memiliki mata pencaharian untuk kelangsungan hidup. Walaupun dapat disadari, pada hakikatnya hanya sebagai jalan rezeki yang diberikan Tuhan. Jika kita tidak berkerja, apakah kita dapat membeli kebutuhan untuk sehari? Apakah kita dapat melangsungkan hidup?. Harus anda sadari bahwa kebutuhan hidup yang sehari-hari akan meningkat harganya.

Untuk mendapatkan uang demi membiayai kebutuhan hidup, kita haruslah mempunyai mata pencaharian atau bekerja. Agar, kita dapat memenehui kebutuhan hidup, entah bekerja di perusahaan ataupun membuka usaha sendiri.

Dewasa ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk bekerja di perusahaan daripada membuka lapangan pekerjaan. Kenapa? Karena tidak ingin mengambil resiko, kurangnya keahlian, tidak mempunyai kemauan. Ini yang menyebabkan sebagian orang enggan untuk membuka usaha sendiri.

Baca juga : Contoh CV Magang

Terlepas dari itu, apapun pekerjaan anda saat ini, entah itu bekerja pada perusahaan atau mempunyai usaha sendiri, itu semuanya baik. Semua orang memiliki peran dan keinginan masing-masing dalam mencari uang demi kelangsungan hidupnya.

Bagi anda yang sedang melamar kerja, tentunya anda sudah tahu tentang surat lamaran kerja?. Selain CV, saat melamar kerja anda wajib membawa surat lamaran kerja, surat ini disebut Cover Letter yang sangat penting bagi perusahaan. Selain perusahaan ingin mengetahui tentang data diri, pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan, perusahaan juga ingin mengetahui motivasi anda.

Apa itu surat lamaran kerja umum?

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar, Ternyata Mudah!
Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar | Image Source : Pexels.com

Dewasa ini masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tentang surat ini. Surat lamaran erja adalah surat yang dibuat oleh seseorang dan ditujukan kepada sebuah instansi atau perusahaan dengan maksud melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja merupakan surat dari perseorangan yang bersifat resmi dan dalam penulisannya menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya anda sebagai pelamar mengetahui posisi pekerjaan yang akan dilamar. Ini bertujuan agar anda lebih jelas menulis isi surat. Anda juga harus menyertakan informasi tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya serta keahlian anda.

Beberapa hal yang harus diperhatikan

Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan saat menulis surat ini. Surat lamaran kerja adalah surat yang resmi atau surat yang formal, maka dari itu perhatikanlah cara penulisannya. Selain itu juga, agar surat anda terlihat lebih menarik dan dapat memikat perhatian manajer perekrutan. Berikut bebera hal penting tersebut :

1. Harus Efektif

Surat lamaran ridak hanya berfungsi sebagai duta bagi si pelamar atau pengirim, akan tetapi harus dapat menarik perhatian atasan. Jika surat ditulis secara efektif, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan balasan yang cukup baik dari pihak perusahaan.

2. Perhatikan susunan isi surat

Saat menulis surat lamaran kerja, anda harus memperhatikan dengan baik. Karena surat lamaran yang baik dan benar tidak terlepas dari susunan isi yang saling berkesinambungan.

3. Sesuaikan dengan kualifikasi yang ada

Jangan mencoba mengirim surat lamaran dengan kualifikasi pekerjaan yang tidak terdaftar dalam lowongan pekerjaan anda. Periksalah kembali apakah kualifikasi pekerjaan yang anda inginkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Kualifikasi CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwyat Hidup

CV yang baik haruslah mempunyai beberapa hal berikut yaitu,

  • Bersifat objektif
  • Menyertakan data diri
  • Memuat riwayat pengalaman kerja
  • Riwayat pendidikan
  • Memuat keahlian dan kualifikasi anda

Masih bingung membuat cara membuat CV yang menarik? Yuk cek saja di BikinCV, salah satu platform pembuatan CV online dengan berbagai template CV menarik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar

Bandung, 10 Oktober 2019
Kepada Yth;
Bapak/Ibu pimpinan HRD
PT. SEHOTI DUA BERKELUARGA

Perihal : Permohonan kerja
Lampiran : –

Dengan hormat.
Bahwa saya yang telah bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                : Hans Quarter, SE
Tempat / tgl. lahir        : Jakarta, 16 Desember 1994
Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen
Alamat                              : Jl. Tjap Singha No. 14
Telepon (HP)                  : 08199-9113-7676
Status                                : Belum Menikah

Dengan surat lamaran kerja ini maka saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja untuk perusahaan yang bapak / ibu pimpin.

Sebagai pertimbangan maka saya lampirkan beberapa berkas, di antaranya sebagai berikut:

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto 4×6 (2 lembar)

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk mengabdi di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terimakasih atas perhatian dari Bapak / Ibu Personalia.

Hormat saya

Hans Quarter, SE

Sekian Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membuat surat lamaran kerja. Simak juga artikel menarik lainnya di rajaloker.id Artikel.

Terima kasih.