CV Tulis Tangan Terbaru

Contoh CV Dengan Tulis Tangan Terbaru

Contoh CV Dengan Tulis Tangan Terbaru – Sesudah kamu lulus dari suatu instansi pendidikan kamu banyak memiliki pilihan seperti membuat suatu usaha atau mencari pekerjaan. Kebanyakan dari kamu akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan sesuai dengan jurusanmu saat kamu menempuh pendidikan.

Saat mencari pekerjaan, kamu akan diminta berbagai macam dokumen seperti Ijazah, Dokumen Data Diri, SKCK, Surat Lamaran Kerja, CV (Curriculum Vitae), dan lain – lain. Salah satu dokumen yang menjadi penilaian dari HRD sebuah perusahaan yaitu CV.  CV kamu harus di buat semenarik mungkin agar HRD sebuah perusahaan menjadi tertarik.

Pada saat ini, perkembangan teknologi memberikan kamu banyak kemudahan. Contohnya saja kamu dapat membuat CV dengan berbagai platform seperti misal Canva. Kamu juga dapat membuat CV online pada platform – platform pembuat CV online yang tersebar di internet.

Pentingnya CV Tulis Tangan

Walaupan perkembangan sudah sangat pesat, namun ada beberapa perusahaan atau tempat penyedia lowongan pekerjaan meminta kamu yang ingin melamar pekerjaan mengirimkan CV dengan tulis tangan.

Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan atau penyedia pekerjaan meminta calon pelamar membuat CV yang berupa tulisan tangan seperti :

1. Menilai Kemampuan Menulis Pelamar

Tulisan tangan kamu dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana kamu mampu mengekspresikan diri dengan jelas dan rapi. Hal tersebut menjadi suatu penilaian bagi para HRD.

2. Menilai Kejujuran dan Keaslian CV

CV seperti ini dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana calon pelamar jujur dan asli. Ini karena sulit bagi seseorang untuk menyalin atau mengedit tulisan tangan orang lain. Dengan cara ini, perusahaan dapat lebih yakin bahwa informasi yang diberikan oleh pelamar adalah benar dan tidak dimanipulasi.

3. Menunjukkan Ketekunan dan Dedikasi

Membuat CV jenis ini memerlukan waktu dan usaha lebih dari sekadar mengirimkan CV dalam bentuk digital. Pemberi kerja mungkin menganggapnya sebagai tanda bahwa calon pelamar benar-benar tertarik pada posisi yang mereka lamar dan bersedia berinvestasi dalam prosesnya.

4. Pengujian Kreativitas

Beberapa perusahaan mungkin ingin melihat sejauh mana calon pelamar dapat menjadi kreatif dalam menyusun CV dan surat lamaran mereka. Hal ini dapat mencerminkan kemampuan berpikir kreatif yang dapat bermanfaat dalam beberapa posisi.

5. Melihat Usaha dari Pelamar

Para HRD juga mungkin ingin melihat usaha dari kamu dalam membuat CV. Karena pada masa ini sudah banyak tersedia jasa pembuat CV online di internet.  Usaha dan niatmu dalam membuat CV ini akan menjadi salah satu penilaian dari HRD, pastikan kamu membuat CV dalam format tulis tangan dengan baik dan benar.

Cara Membuat CV Tulis Tangan

CV yang seperti ini sangat cukup mudah untuk dibuat. Membuat CV tipe ini sama dengan membuat CV digital. Isi dari CV ini terdiri dari Informasi Pribadi, Tujuan, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Keterampilan, Prestasi atau Pencapaian, dan komponen – komponen lainnya seperti Hobi dan Minat. Adapun cara membuatnya yaitu

  1. Siapkan kertas double folio dan alat tulis.
  2. Isi Informasi Pribadi, Tujuan, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Keterampilan, Prestasi atau Pencapaian, Hobi dan Minat.
  3. Sertakan no telepon, whatsapp dan email atau kontak lainnya.

Setelah kamu membaca pentingnya dan bagaimana cara membuat CV yang memiliki format tulis tangan, berikut ini kami akan memberikan contoh dari CV tulis tangan :

CV Tulis Tangan Bikin CV
Contoh CV  Tulis Tangan | Sumber : bikincv.com

Sekian penjelasan dari Contoh CV Dengan Tulis Tangan Terbaru, semoga dengan beberapa tips ini kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Cek juga Contoh CV Menarik atau Daftar Riwayat Hidup di Mata Perusahaan.

 

Semoga Bermanfaat !