Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) dari Hotel

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) dari Hotel – Resign letter hotel merupakan surat yang dibuat oleh seorang karyawan dari suatu hotel yang ingin mengajukan pengunduran diri dari hotel tempat dia bekerja. Ada beragam faktor yang menyebabkan seseorang mengambil keputusan untuk mengakhiri masa kerjanya di sebuah hotel Namun dengan adanya surat resign, seorang karyawan akan dianggap mengundurkan diri secara terhormat, bertanggung jawab, dan profesional.

Surat resign untuk hotel memiliki arti penting bagi karyawan tersebut dan hotel yang bersangkutan. Bagikaryawan dengan adanya surat pengunduran diri akan memberikan sebuah anggapan bahwa dia telah berhenti dari hotel secara baik-baik dan bertanggung jawab sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika akan melamar pekerjaan ke tempat lain. Sedangkan bagi hotel dengan adanya resign letter hotel dapat memberikan waktu tambahan untuk mencari karyawan pengganti dari posisi yang baru saja ditinggalkan.

Surat resign untuk hotel sebaiknya dibuat H-1 bulan sebelum seorang karyawan akan benar-benar meninggalkan hotel untuk memberikan waktu mencari karyawan baru sekaligus serah terima pekerjaan yang belum sempat terselesaikan. Resign letter hotel sebagai sebutan surat pengunduran diri dan sama dengan surat one month notice.

Surat resign untuk hotel haruslah dibuat secara hati-hati untuk menimbulkan kesan yang baik dan sopan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat resign untuk hotel.

Berikut merupakan beberapa poin yang bisa Anda jabarkan dalam membuat surat resign untuk hotel yang baik dan sopan.

  1. Kepada Yth. (penerima surat, biasanya HRD/Pimpinan Hotel)
  2. Perkenalan diri (identitas nama, NIP, Jabatan, Alamat, dll)
  3. Maksud dan tujuan membuat surat
  4. Alasan mengajukan pengunduran diri
  5. Tanggal pengunduran diri yang diajukan
  6. Ucapan terima kasih atas segala bimbingan dan pembelajaran selama bekerja di hotel
  7. Permohonan maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan selama bekerja
  8. Harapan untuk hotel agar semakin sukses dan maju
  9. Penutup
  10. Tanda tangan dan nama jelas

Berikut merupakan beberapa contoh surat resign untuk hotel yang dapat Anda jadikan sebagai referensi pembuatan surat yang baik dan sopan :

Contoh Surat Resign untuk Hotel Fairmont

Jakarta, 01 Januari 2019

Kepada Yth.

HRD Hotel Fairmont

di

Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anindya Puspita
Tempat, Tanggal Lahir : Depok, 15 Januari 1985
Jabatan : Admin
Alamat : Jalan Meranti Timur No 65

Melalui surat ini saya hendak menyampaikan permohonan pengunduran diri dari Hotel Fairmont Jakarta dengan jabatan terakhir sebagai Admin sejak tanggal 01 Februari 2019 dengan alasan kondisi fisik sudah tidak memungkian untuk bekerja. Segala pekerjaan dan tanggung jawab saya sebagai resepsionist hotel akan tetap dilaksanakan secara profesional hingga tanggal pengunduran diri saya tersebut.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak Hotel Fairmont, dimana saya dapat bekerja dan menerima banyak bimbingan serta pembelajaran dengan bekerja disini. Tidak lupa juga saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran karyawan hotel beserta pihak manajemen hotel apabila terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang pernah saya lakukan selama bekerja disini.

Besar harapan saya bahwa Hotel Fairmont dapat terus maju menjadi hotel terbaik yang menawarkan pelayanan prima dan tangguh kepada setiap pelanggannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas kesadaran pribadi tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Anindya Puspita

 

Contoh Surat Resign untuk Hotel Four Season

Bali, 01 Januari 2019

Kepada Yth.

HRD Hotel Four Season

di

Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Bella Saphira
Tempat, Tanggal Lahir : Bali, 11 Mei 1990
Jabatan : Resepsionist
Alamat : Jalan Gajah Mada Gang V No 5

Melalui surat ini saya hendak menyampaikan permohonan pengunduran diri dari Hotel Four Season Bali dengan jabatan terakhir sebagai resepsionist sejak tanggal 01 Februari 2019 dengan alasan hendak melanjutkan studi. Segala pekerjaan dan tanggung jawab saya sebagai resepsionist hotel akan tetap dilaksanakan secara profesional hingga tanggal pengunduran diri saya tersebut.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak Hotel Four Season, dimana saya dapat bekerja dan menerima banyak bimbingan serta pembelajaran dengan bekerja disini. Tidak lupa juga saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran karyawan hotel beserta pihak manajemen hotel apabila terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang pernah saya lakukan selama bekerja disini.

Besar harapan saya bahwa Hotel Four Season dapat terus maju menjadi hotel terbaik yang menawarkan pelayanan prima dan tangguh kepada setiap pelanggannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas kesadaran pribadi tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Bella Saphira

 

Demikian contoh Surat resign untuk hotel ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.