Cara Membuat CV ATS Friendly Lengkap Dengan Panduannya

Cara Membuat CV ATS Friendly Lengkap Dengan Panduannya

Cara Membuat CV ATS Friendly Lengkap Dengan Panduannya – Melamar pekerjaan tentunya harus mempersiapkan CV dan Surat Lamaran Kerja. Kedua dokumen ini merupakan hal yang paling penting ketika melamar kerja. Membuat CV yang baik tentunya harus dilakukan setiap pelamar agar dapat menarik perhatian perekrut untuk melirik CV kamu. Namun ada satu hal yang perlu kamu ketahui ketika melamar kerja, Apakah itu? Yuk simak di bawah ini.

Tahukah kamu tentang CV ATS Freindly yang kerap digunakan saat melamar kerja? Mungkin tak banyak yang tahu tentang CV satu ini. Sebelum membuatnya, alangkah baiknya jika kamu ketahui dulu apa itu CV ATS Friendly yang kini sedang hangat diperbincangkan.

Apa itu ATS?

Cara Membuat CV ATS Friendly Lengkap Dengan Panduannya
Ilustrasi | Image Source : Pexels.com

ATS atau Applicant Tracking System merupakan software yang digunakan dalam proses perekrutan karyawan. Sistem ini memiliki fungsi untuk, mengumpulkan CV, membaca CV, menyaring, dan memilih CV yang paling sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan. Sistem ATS juga bisa memantau progres lamaran kerja hingga membuat penawaran untuk kandidat.

Cara kerja sistem ATS seperti berikut ini,

  • Rekruter menerima banyak CV dan dokumen lamaran kerja
  • Semua dokumen yang diterima, dimasukan ke sistem ATS
  • ATS akan membaca dokumen
  • Lalu, ATS akan menyaraknkan kandidat yang paling pas untuk melanjutkan ke tahap interview

Perlu kamu ketahui, secara umum tugas dari ATS ini adalah menilai semua CV yang telah dikirimkan dan memberikan saran kandidat yang pas untuk di interview. Nantinya, rekruter yang akan mewawancarai kandidat yang disarankan oleh sistem ATS.

Apa itu CV ATS Friendly?

CV ATS Friendly adalah Curriculum Vitae yang di desain khusus agar lolos seleksi sistem ATS. Tentu, CV ini memiliki karakteristik, seperti font, desain dan lain sebagainya agar dapat lolos sitem tersebut. Yuk simak apa saja ciri-ciri dari CV yang ATS Friendly di bawah ini,

  1. Font yang umum digunakan pada CV ATS Friendly adalah Helvetica, Arial, Georgia, dll.
  2. Heading yang bisa dipakai, (tulis “Experience” bukan “What I’ve Done”, dll)
  3. Tanpa Header dan Footer
  4. Menggunakan Bullet Points yang sederhana

Jika format CV kurang jelas, maka sistem akan kesulitan dalam membacanya, yang secara otomatis software ini tak memahami semua informasi yang kamu buat. Alhasil, peluangmu untuk dipanggil interview akan hilang, hanya karena bentuk CV yang tidak sesuai. Untuk mengecek format CV, copy dan paste isinya ke Notepad atau sortware plain teks lainnya. Tampilan teks itulah yang akan dibaca oleh ATS.

Perlu kamu ketahui, bahwa penggunaan keyword juga sangat penting pada CV yang kamu buat. Penggunaan keyword yang tepat juga akan memperbesar peluangmu untuk lolos sistem ATS. Sistem akan merekomendasikan Curriculum Vitae dengan keyword yang paling sesuai, itulah mengapa hal  satu ini tidak boleh diabaikan. Semua keyword harus tertulis di deskripsi diri.

Cara Membuat CV ATS

Cara Membuat CV ATS Friendly Lengkap Dengan Panduannya
Ilustrasi CV | Image Source : Pexels.com
  1. Pahami posisi yang kamu lamar

Kamu harus melakukan riset pada posisi yang kamu lamar ketika kamu ingin membuat CV ATS. Pastikan keyword penting sesuai dengan pekerjaan tersebut. Keyword ini harus dimasukan ke dalam CV agar ATS dapat membacanya dan mengetahui bahwa kamu kandidat yang sesuai. Gunakan bahasa Inggris agar lebih mudah dibaca sistem, meskipun lowongan yang kamu baca menggunakan bahasa Indonesia.

  1. Pilih template ATS Friendly

Ketahuilah bahwa tidak semua template CV bisa dibaca oleh sistem ATS ini. Hindari menggunakan warna yang mencolok dan terlalu banyak bentuk atau hiasan lainnya. Ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahan formatting dan memastikan CV lolos proses seleksi. Gunakan template berlatar putih dengan desain yang tidak terlalu banyak gambar dengan font hitam.

  1. Gunakan judul bagian-bagian yang jelas

Bagian-bagian untuk profil, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, skill, dan yang lainnya sebaiknya dipisahkan dengan heading. Hindari penggunaan tabel  yang berpotensi tidak dibaca oleh sistem. Gunakan bahasa Inggris untuk bagian-bagian judul. Contohnya :

  • Profil
  • Contact
  • Education
  • Work Experience
  • Skill
  1. Isi informasi relevan

Masukan informasi yang sesuai denhan kriteria yang diinginkan rekruter. Jika tidak, maka sistem akan mengganggap kualifikasi tidak sesuai. Pastikan juga tidak ada kesalahan pengetikan atau typo. Pasalnya, tak jarang terjadi salah ketik pada CV yang dibuat yang membuat tidak lolos.

  1. Gunakan font yang sesuai

Ada beberapa font yang bisa dibaca oleh sistem ATS, seperti :

  • Calibri
  • Helvetica
  • Cambria
  • Lato
  • Georgia
  • Verdana
  • Arial

Beberapa font di atas sangat baik digunakan karena terdeteksi oleh sistem. Hindari penggunaan font yang lainnya, yang memungkinkan CV kamu tidak terdeteksi oleh sistem.

  1. Sistem dengan format file yang benar

Format yang bisa dibaca oleh sitem ATS adalah DOC yang umum. Kamu juga bisa diminta untuk upload CV dalam format PDF oleh peruahaan tertentu. Format PDF lebih mudah untuk dibaca saat proses screening oleh rekruter.

  1. Lakukan test

Lakukan test CV dengan tester online dan minta pendapat dengan rekanmu yang sudah pernah membuat CV ATS. Gunakan tester inline untuk menge-test CV yang telah kamu buat. Pastikan CV bisa terbaca ATS tester, mudah dibaca manusia, sesuai format ATS Friendly, tidak ada typo.

Sekian Cara Membuat CV ATS Friendly Lengkap Dengan Panduannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membuat CV ATS Friendly. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Rajaloker Blog.