Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan – Kebanyakan orang khawatir ketika belum mendapatkan pekerjaan. Ini yang menyebabkan mereka overthink karena takut akan masa depan yang akan datang. Wajar saja jika mereka mencari cara untuk berhenti overthink.

Overthink dapat dengan mudah melemahkan rasa kendali atas kehidupan mu dan akan melemahkan perasaan. Hal ini juga berimbas kepada kesehatan tubuhmu, bisa menyebabkan lelah karena terjebak pada suatu masalah yang tak kunjung terpecahkan. Jika kamu tidak dapat mengatasinya, maka ini akan dapat berpengaruh buruk pada kehidupan sehari-harimu.

Jangan biarkan hal ini terus ada pada dirimu, agar tidak ada pengaruh buruk dari hal ini. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan overthink ini. Lebih baik kamu coba cara berikut untuk menghilangkan overthink yang kamu rasakan, agar kamu dapat berfikir positif kembali.

Cara Untuk Berhenti Overthink

Ada beberapa cara yang mungkin belum diketahui oleh beberpa orang, cara ini diyakini dapat mengusir rasa overthink pada dirimu. Untuk itu, kami akan berikan beberapa cara untuk menghilangkan hal ini dari dirimu, sehingga kamu dapat berfikir positif kembali.

1. Sadarlah bahwa kamu sedang overthink

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi Overthinking | Image Source : istockphoto.com

Beberapa orang mungkin tidak sadar jika sebenarnya mereka selalu memikirkan hal yang negatif. Wajar saja, ini disebabkan karena rasa takut yang disimpan. Untuk bisa berhenti dari rasa ini, ada baiknya untuk kamu menyadari bahwa dirimu sedang merasakan overthink.

Cobalah untuk memperhatikan cara berfikir, apakah kamu sedang overthink atau tidak. Jika kamu terus memikirkan hal buruk yang belum tentu terjadi hingga merasa cemas, berarti kamu menyadari bahwa kamu berfikir berlebihan. Dengan inilah kamu akan dapat mengontrol dirimu, sehingga dapat berfikir positif.

2. Jangan terbawa pikiran pesimis yang negatif

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi Sedang Pesimis | Image Source : istockphoto.com

Benar saja, kita sering terbawa oleh pikiran negatif yang belum tentu terjadi. Misalkan, kamu ingin membatalkan janji yang nantinya kamu akan dibenci teman. Padahal nyatanya belum tentu mereka akan membecimu karena hal tersebut.

Nah hal inilah yang harusnya kamu sudahi dan mulai untuk berfikir positif. Pikiran ini akan membuatmu merasa tidak nyaman dan terbayang oleh hal buruk. Maka dari itu, buanglah jauh-jauh pikiran tersebut dan cobalah untuk mulai berfikir positif.

3. Fokus dengan cara memecahkan masalah

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi Sedang Fokus Mencari Solusi | Image Source : istockphoto.com

Carilah solusi agar dapat memecahkan masalah, tentu ini lebih baik daripada kamu terus-terusan memikirkan masalah tersebut. Jangan tanyakan mengapa masalah ini bisa terjadi, namun tanyatakan pada dirimu bagaimana cara keluar dari masalah tersebut. Dengan begitu, sedikit demi sedikit kamu akan mendapatkan solusinya.

4. Lakukan “Me Time”

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi Me Time | Image Source : istockphoto.com

Jika tingkat overthink mu telah berkurang, maka kamu akan lebih mudah melihat semua permasalahan dengan lebih jernih. Me time ini juga salah satu cara yang baik untuk mengurangi overthink. Ini juga kerap dikatakan sebagai pelarian untuk menenangkan diri. Jika kamu merasa sedang overthink, maka lakukanlah me time dan tenangkan dirimu.

5. Lakukanlah Mindfulness

Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi Mindfulness | Image Source : istockphoto.com

Pernahkah kamu mengerjakan suatu hal, namun pikiranmu tidak kesana?  Melainkan hanya fisikmu yang bekerja. Mungkin saat itulah kamu sedang memikirkan sesuatu yang mungkin penting bagi kamu. Maka dari itu, cobalah untuk menerapkan mindfulness untuk membuatmy berhenti  dari overthink.

***

Sekian Cara Berhenti Overthink Ketika Belum Mendapatkan Pekerjaan. Jadi kamu bisa menerapkan beberapa hal diatas agar kamu tiak overthink yang tentunya akan berdampak pada kesehatan mu. Simak berbagai artikel menarik seputar dunia kerja lainnya hanya di Rajaloker Artikel.