CV Word

Cara Membuat CV Word Keren dan Simple Terbaru!

Contoh CV Word Keren dan Simple Terbaru! – Disaat kamu sudah selesai dalam menempuh pendidikan, kamu pastinya ingin mencari lowongan pekerjaan atau kita sering menyebut dengan loker. Kamu dapat melihat banyak lowongan pekerjaan di sosial media maupun internet. Biasanya, terdapat beberapa hal yang harus kamu siapkan dalam mencari pekerjaan seperti dokumen – dokumen dan pastinya kesiapan dirimu sendiri. Beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah Surat Lamaran Kerja, Daftar Riwayat Hidup (CV), Ijazah dan Transkrip Nilai, KTP dan KK, Pas Foto Terbaru, Sertifikat, Portofolio, Bukti Pengalaman Kerja, SKCK dan Surat Keterangan Kesehatan.

CV atau riwayat hidup adalah salah satu dokumen yang sangat penting untuk kamu siapkan dalam melamar pekerjaan. Kamu dapat membuat CV di berbagai website yang tersebar di internet contohnya di Canva, BikinCV, dan Resmume.com. Pada website tersebut kamu bisa membuat CV simple dan keren yang akan membuat HR di perusahaan tempat kamu melamar akan tertarik untuk mengetahui kamu lebih dalam. Namun, terdapat beberapa perusahaan yang memberikan syarat kepada calon karyawannya untuk mengirimkan CV dari tulisan tangan kamu.

Selain pada website, kamu juga dapat membuat CV di Microsoft Word. Terdapat langkah – langkah yang kamu harus ikuti jika ingin membuat CV di Word seperti:

Langkah – Langkah Membuat CV Word

1. Buka aplikasi Microsoft Word Pada Device Kamu 

Microsoft Word

2. Klik “Resume and Cover Letters”

Klik Resumes and Cover Letters

3. Pilih Template CV Sesuai Dengan Keinginan Kamu

Pilih Template CV

4. Klik “Create”

Create CV

5. Edit Template CV 

Edit Template

Pada tahapan ini kamu akan mengedit CV kamu, penting untuk kamu dalam mengisi semua informasi tentang dirimu seperti:

Data Diri

Informasi pribadi adalah elemen yang sangat krusial dan perlu disusun secara lengkap, berisi aspek-aspek seperti nama, gambar, tempat dan tanggal kelahiran, nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya. Disarankan untuk menyusun informasi pribadi dengan teliti dan akurat, serta pastikan bahwa apa yang kamu tulis dapat dengan mudah dibaca oleh pihak HRD. Hindarilah kesalahan penulisan agar kesan yang terbentuk tetap profesional.

Deskripsi diri

Bagian Deskripsi Diri merupakan bagian yang sangat penting untuk diisi pada CV kamu. Di sini kamu menulis hal penting dalam dirimu secara singkat, padat dan jelas.

Riwayat Pendidikan

Dalam bagian ini kamu menulis latar belakang pendidikan yang sudah kamu tempuh. Hal tersebut sangat penting bagi para HR perusahaan karena dapat melihat kualifikasi kamu dalam suatu bidang pekerjaan.

Pengalaman Kerja

Pada CV yang kamu buat harus berisi tentang pengalaman kerja kamu di tempat sebelumnya. Cantumkanlah pengalaman kerja yang kamu miliki yang berisi dengan berapa lama kamu bekerja, deskripsi pekerjaan, dan di perusahaan mana kamu bekerja.

Pengalaman Organisasi

Apabila kamu belum pernah bekerja atau Fresh Graduate, kamu dapat mengisi di CV dengan pengalaman organisasi selama kamu kuliah.

Kemampuan dan Keterampilan

Kemampuan dan keterampilan sangat dibutuhkan dalam bekerja, maka kamu harus mencantumkan ini di CV kamu. Kamu harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu agar sama dengan kebutuhan dari perusahaan.

6. Simpan CV

Export

Jika kamu membuat CV di Word, CV yang kamu buat akan tersimpan dengan format .docx. Bila kamu ingin mengubah formatnya ke PDF, maka pilih menu “File”, kemudian pilih “Export”. Di sana kamu akan melihat pilihan untuk export (menyimpan) CV kamu dalam format PDF.

Contoh CV Word

Contoh CV Word
Contoh CV Word | Sumber : Istimewa

Nah sekian dari artikel ini, semoga dengan panduan membuat CV ini kamu diterima di pekerjaan yang kamu inginkan. Cek juga artikel lainnya disini !