Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan – Gaji merupakan bentuk pembayaran periodik dari perusahaan kepada karyawan. Biasanya gaji di bayarkan oleh perusahaan dalam periode per bulan. Saat memberikan gaji, perusahaan akan melampirkan slip gaji karyawan tersebut. Jadi, apa itu slip gaji?

Slip gaji merupakan dokumen penting yang di keluarkan oleh perusahaan sebagai dokumen pendamping ketika perusahaan membayarkan gaji karyawan. Jadi, memberikan slip gaji menjadi kewajiban perusahaan serta hak dari karyawan.

Terdapat peraturan tertulis yang menyatakan bahwa perusahaan wajib mengeluarkan slip gaji untuk kaeyawan, yaitu Peraturan Pemerintah Pengupahan. Peraturan Pemerintan Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan yang mengatur bahwa :

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuah rincian upah yang di terima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.”

Sedangkan, komponen slip gaji yang harus ada dalam slip gaji karyawan, harus memenuhi ketentuan yang berdasarkan pada UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003, yang mencatat :

“Hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kapada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau dilakukan.”

Kenapa slip gaji diperlukan?

Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan
Ilustrasi Gaji | Image Source : istockphoto.com

Selain karena regulasi, adanya slip gaji penting bagi perusahaan sebagai bentuk dokumentasi atas nominal gaji yang di bayarkan perusahaan kepada karyawan. Dokumen ini dapat menjadi bukti bahwa hak karyawan dalam bentuk gaji sudah di bayarkan.

Sedangkan, bagi karyawan, slip gaji merupakan bukti otektik kejelasan gaji secara detail, termasuk di dalamnya berisi informasi potongan pajak serta penyetoran pajak penghasilan.

Slip gaji juga menjadi dokumen yang dibuthkan saat karyawan ingin mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kredit tanpa agunan, kredit mobil atau kredit motor. Selain itu, slip gaji juga kerap di minta oleh HR perusahaan pada tahap negosiasi gaji.

Komponen dalam slip gaji

Di dalam slip gaji berisi beberapa informasi yang harus dicantumkan. Pastikan tercantum informasi perusahaan, seperti nama dan logo, alamat, serta nomor telepon. Kemudian, cantumkan juga data pribadi karyawan yang mencakup nama, NIK, posisi dalam perusahaan, status kontrak karyawan, nomor NPWP, hingga informasi akun bank karyawan.

Hal yang terpenting adalah keterangan lengkap pendapatan atau gaji karyawan, termasuk dengan fasilitas dan pemotongan, misalnya sebagai berikut :

  • Gaji pokok.
  • Tunjangan, seperti transportasi, komunikasi, makan, dan lainnya bersifat kondisional.
  • Fasilitas, seperti asuransi atau BPJS.
  • Bonus atau Tunjangan Hari Raya, bersifat kondisional.
  • Pajak penghasilan yang dibayarkan perusahaan.
  • Penambahan gaji terkait lembur.
  • Dll, tergantung dari kebijakan perusahaan.

Selain itu, penting juga untuk mencantumkan periode pembayaran gaji, mengingat besaran gaji dapat berbeda-beda atara bulan satu dengan bulan selanjutnya.

  • Informasi tambahan

Kamu juga dapat menambahkan pernyataan pengingat bagi karyawan untuk menjaga kerahasiaan informasi yang tercantum dalam slip gaji. Pencantuman informasi ini bersifat tidak wajib dan umumnya sudah disampaikan melalui kontrak kerja.

Contoh Slip Gaji

Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan
Ilustrasi Slip Gaji

Slip gaji ini bisa kamu buat dengan microsoft word atau microsoft excel untuk mempermudah perhitungan gaji dengan penggunaan formula tertentu di excel.

Sekian Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Rajaloker Blog.