Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berbuat Kesalahan di Tempat Kerja

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berbuat Kesalahan di Tempat Kerja

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berbuat Kesalahan di Tempat Kerja – Setiap karyawan mempunyai keinginan  bekerja dan memberikan yang terbaik untuk perusahaannya. Namun pada prosesnya, kita pasti pernah berbuat kesalahan saat berada di tempat kerja. Beberapa orang merasa tidak enak, bahkan tidak betah dan memilih resign ada jalan terbaik.

Melakukan kesalahan saat bekerja adalah hal yang lumrah. Karena dari kesalahan tersebut kita bisa belajar menjadi pekerja yang lebih baik lagi. Maka dari itu,  agar kesalahan tak terus berulang terjadi kamu harus tahu bagaimana cara menyikapinya.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Berbuat Kesalahan di Tempat Kerja

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berbuat Kesalahan di Tempat Kerja
Ilustrasi Sedang Bingung Saat Melakukan Kesalahan | Image Source : Pexels.com

Yuk simak apa saja hal yang harus kita lakukan ketika melakukan kesalahan di tempat kerja:

  1. Jangan pernah malu untuk menyatakan permintaan maaf

Terlepas dari perasaanmu yang sangat kacau, segeralah meminta maaf setelah kamu berbuat kesalahan di tempat kerja. Jangan pernah malu untuk meminta maaf, karena ketika kita berbuat salah, hal yang harus kita lakukan adalah meminta maaf. Saat meminta maaf, jangan sebutkan banyak alasan yang membuat kamu terkesan sangat bertele tele. To the point saja.

Sebaiknya, langsung ucapkan permintaan maaf secara singkat kepada atasan atau yang berhubungan dengan kesalahanmu. Berani mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah salah satu ciri profesionalisme dalam bekerja. Selain itu, kamu juga akan dilihat sebagai karyawan yang bertanggung jawab karena tidak lari dari masalah yang dibuat.

  1. Jangan pernah menyalahkan orang lain

Menyalahkan orang lain saat kita melakukan kesalahan di tempat kerja adalah tindakan yang tidak profesional dan tidak bertanggung jawab. Walaupun  kamu sedang bekerja dalam tim sehingga ada kemungkinan keikutsertaan orang lain dalam kesalahan tersebut. Namun, kamu tidak perlu melibatkannya apalagi jika tim tersebut adalah tanggung jawabmu.

Menurut The Balance Careers, jika kesalahan diperbuat dalam tim, sebaiknya minta semua orang untuk menjelaskannya kepada atasan.

Namun, jika kamu bertanggung jawab sebagai pemimpin, pastikan tidak menyalahkan anggota tim dan tetap bertanggung jawab dengan situasi yang telah terjadi. Karena pemimpin harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

  1. Tunjukkan kejujuran

Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang memiliki integritas yang tinggi dalam bekerja. Memang tidak mudah mengakui kesalahan yang diperbuat. Namun, kamu tetap harus jujur agar kamu tidak kehilangan kepercayaan dari  atasanmu.

Dalam menjelaskan situasi yang terjadi kepada atasan, diharuskan kamu jujur dalam setiap perkataan yang kamu ucapkan . Tak perlu mengurangi atau menambahkan perkataan yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

  1. Bicarakan degan atasan secara pribadi

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan setelah melakukan kesalahan di tempat kerja ialah dengan segera melaporkannya kepada atasan. Jelaskan dengan sangat rinci kesalahan apa yang telah kamu lakukan.

Gunakan kemampuan komunikasimu yang baik untuk mendeskripsikan situasinya dan langkah-langkah apa yang patut diambil untuk menyelesaikan masalahmu. Pastikan, kamu bersedia untuk bertanggung jawab atas segala kesalahan yang sudah kamu lakukan.  Dengan begitu, kamu terlihat profesional dalam bekerja.

  1. Analisis Masalahnya

Saat perasaanmu sudah membaik, saatnya kamu mulai melakukan analisis terhadap kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan.

Melansir Indeed, kamu perlu mencari tahu sumber kesalahanmu dan cari solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi. Apalagi jika kesalahanmu memerlukan hal yang harus segera diperbaiki. Semakin cepat kamu menemukan solusi, tentu akan semakin cepat pula masalahmu bisa segera diselesaikan dan menghindari konsekuensi atau hukuman dari atasan.

  1. Jangan menyangkal rasa bersalahmu

Saat berbuat kesalahan di tempat kerja, kamu pasti akan merasa bersalah hingga panik. Sebaiknya, jangan sangkal perasaan tersebut. Biarkan perasaan frustasi, atau tertekan yang kamu rasakan keluar. Setelah itu kamu bisa mulai mencari cara untuk menenangkan diri.

Menurut The Muse, luapkan emosi yang kamu rasakan dengan cara yang sehat. Misalnya, dengan melakukan olahraga, atau membicarakannya dengan rekan kerja atau orang terdekat. Setelah merasa tenang, akan lebih mudah bagimu mencari solusi untuk memperbaiki kesalahanmu.

  1. Segera akui kesalahanmu

Setelah melakukan kesalahan, kamu harus segera melaporkannya kepada atasan. Apalagi jika kesalahan yang kamu lakukan berdampak besar pada pekerjaan.

Jika kesalahan yang kamu lakukan cukup kecil dan tidak berdampak pada siapa pun, cobalah untuk mencari solusinya sendiri. Usahakan untuk tidak menutupi kesalahanmu, ya. Karena , mengakui kesalahan adalah salah satu cara menunjukkan profesionalitasmu.

  1. Cari tahu bagaimana agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali

Seperti judulnya, jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Hal tersebut bisa mempengaruhi penilaian kinerjamu. Karena itu, setelah kamu menganalisis masalah, mencari solusi, dan meminta maaf kepada atasan atau yang berkaitan dengan masalah yang kamu perbuat, sebaiknya cari cara agar bisa mencegah masalah itu terjadi lagi.

Cari tahu dan catat apa saja hal yang bisa membuatmu terlibat dalam masalah. Lalu, sebisa mungkin hindari hal tersebut agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Sekian Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berbuat Kesalahan di Tempat Kerja. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang bingung saat melakukan kesalah di tempat kerja. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya haya di Rajaloker Blog.